Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 21 Oktober 2012

sekilas tentang “Polski Fiat 126p“

Satu hal yang mencolok dari mobil-mobil di Polandia adalah almost all of them are small cars! Kelihatan mini-mini sekali kalau dibandingkan dengan mobil model Kijang atau Panther yang banyak disukai orang Indonesia. Tapi mengingat lahan parkir di daerah perkotaan di Polandia cukup terbatas, mobil kecil memang (sedikit) lebih mudah mendapatkan tempat parkir.
Nah diantaranya yang mini-mini itu, ada satu mobil kecil buatan Polandia yang sangat populer pada tahun 1980-an dan sampai sekarang pun masih banyak berseliweran di jalan-jalan. Nama resminya “Polski Fiat 126p“, namun terkenal dengan nama “Maluch” (artinya “si cilik” atau “si kecil”) karena ukurannya yang kecil banget. Dengan lisensi Fiat dari Italia, mobil ini diproduksi secara massal oleh pabrik mobil negara FSM (Fabryka Samochodów Małolitrażowych) sejak tahun 1973. Huruf “p” pada Fiat 126p itu memang merujuk pada Polandia.

Mobil ini terbukti menjadi mobil yang paling populer di Polandia pada era komunis tahun 1980-an karena merupakan satu-satunya mobil yang tersedia dengan harga cukup murah bagi keluarga-keluarga di Polandia. Bisa dimaklumi, di bawah sistem sosialisme saat itu, amat sangat sulit membeli mobil dari luar negeri dan keputusan memproduksi mobil secara massal ada sepenuhnya di tangan pemerintah. Kapasitas produksi mobil pun sangat terbatas sehingga banyak pembeli harus menunggu sampai beberapa tahun sebelum mendapatkannya. Proses indent yang sangat lama..
Pada tahun 2000, produksi mobil Fiat 126p ini diberhentikan. Edisi terakhirnya adalah Fiat 126p Happy End yang semuanya berwarna kuning. Di bursa mobil, Fiat 126p Happy End tahun 2000 ini bisa dibeli dengan harga 3000-an zloty (sekitar 10 juta rupiah), sementara yang diproduksi tahun 1980-an cukup dijual dengan harga 500-an zloty (sekitar 1,5 juta rupiah). Tertarik? :-)

Description: sekilas tentang “Polski Fiat 126p“, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: sekilas tentang “Polski Fiat 126p“

0 komentar:

Posting Komentar